Membuat Kartu Ujian Menggunakan Microsoft Office Excel 2007

Pada Artikel kali ini saya akan berbagi cara Membuat  Kartu Ujian Menggunakan Microsoft Office Excel 2007. Kartu Kali ini bisa di gunakan oleh Stap TU di Sekolah maupun Guru Matapelajaran, di lengkapi dengan tombol Navigasi dan menggunakan Rumus Excel.

A. Membuat Format Kartu Ujian
di bawah ini gambaran kartu ujian menggunakan Microsoft Office Excel 2007  formatnya seperti ini,  filenya ada nama, alamat, kelas/jurusan, jenis kelamin,Ruang,


B.Membuat Tombol Navigasi
Jika sudah mendesain format kartu seperti diatas  kemudian buat tombol disamping kanan kartu.


Fungsi dari tombol di atas jika mengklik tombol atas akan memanggil data siswa sesuai dengan nomor urut dan nomor yang di samping akan bertambah, cara membuat tombol pada microsoft excel 2007 bisa di baca di postingan sebelumnya, nah...!! selanjutnya kalau sudah membuat tombol seperti dia atas kemudian cara selanjutnya membuat database siswa.

C. Membuat Database Biswa
Membuat database siswa ini kita menggunakan aplikasi yang sama yaitu microsoft Office Excel 2007 langkah pertama yang kita lakukan yaitu membuka aplikasi office excel kemudian buat format database siswa pada sheet 1 bisa dilihat seperti gambar di bawah ini.


Jika sudah membuat format database seperti yang di atas kemudian buatkan nama pada sel database denga cara memblok sel database tersebut untuk lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini.

D. Memberikan Rumus 

Setelah memberi nama pada sell, kemudian kembali ke format kartu untuk kita mulai ke acara inti yaitu memberi rumus pada sel bagian format kartu tertentu, lihat gambar di bawah ini.

Ketik kode pada bagian anak panah yang merah contoh gambar diatas =VILOOKUP(nomor_navigasi;nama_sell;nomor baris yang ingin di tampilkan) 





0 Response to "Membuat Kartu Ujian Menggunakan Microsoft Office Excel 2007 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel