Resep Rujak Soto Khas Banyuwangi Jawa Timur


Banyuwangi, Jawa Timur, Memiliki banyak sekali makanan khas Masyarakatnya, terkenal enak, dan nikmat tidak heran jika banyak wisatawan yang datang mengunjungi Jawa Timur dalam Wisata Kuliner dan lainnya, makanan khas yang lainnya diantaranya yang saya bahas pada kesempatan ini adalalah Rujak Soto  dari kedengaran namanya mungkin tidak asing lagi bagi anda ada rujaknya kemudian ada sotonya dari namanya saja saya penasaran juga gimana rasanya.

Keistimewaan dari Rujak soto ini adalah makanan tradisional yang dicampur dari dua buah masakan yaitu soto, Soto yang satunya tidak diberikan kuah dan Soto yang satunya lagi berkuah nah soto - soto ini di jadikan satu, satu rasa kenikmatan dan kelezatan menu masakan ini,

Rujak Soto ini perpaduan antara rujak cingur Surabaya dan Soto Jawa Timur, Uniknya Kedua Msakan ini di Campur Menjadi satu senhingga menjadikan citra rasa yang sangat lezat, setelah melelui proses atau pengolahan bahan dan sebagainya secara tradisional, Jika anda ingin mencicipi kuliner yang satu ini bisa anda berkunjung ke jawa timur atau Banyuwangi. 

Menu Masakan ini berbahana dasar dari berbagai macam sayuran seperti kangkung, Touge, yang di ulek bersama sambal kacang, gula merah dan petis, Petis ini akan menentukan enak atau tidaknya Rujak soto ini jadi Safe Soto Rujak ini memiliki keahlian dalam membuat Soto Rujak ini tentunya hasilnya akan menjadi enak seperti yang kita harapkan dan hayalkan he.

Rujak Soto ini menurut saya beda banget dengan Soto yang lainnya dari aroma kuahnya saja sangat beda karena soto ini ada dua masakan yang di campur menjadi satu sehingga menghasilkan rasa yang unik dan beda pokoknya ndak kalah dengan yang lainnaya deh. he

Jika anda ingin membuat rujak soto ini dirumah senderi atau bersama keluarga dan teman - teman, jadi hari  ini saya pinya resep buat anda yang bisa di ikuti atau diperaktikkan, tentunya mudah dan dapat dipahami, berukut bahan dan cara pembuatan Rujak Soto :

Bahan - Bahan Rujak
  • Kacang Panjang 50 gram, Potong dan Rebus
  • Kangkung satu ikat, siangi dan rebus
  • Toge 10 Gram
  • Cingur (mulut dan hidung sapi) 100 gram, rebus, goreng, potong
  • Tahu 2 buah Goreng dan Potong - Potong
  • Tempe 5 Buah Goreng dan Potong - Pootong
  • Mentimun 1 Buah Kupasn dan Potong
  • Kacang Tanah 100 gram  di Goreng
  • Lontong 1 Buah, (beli aja cuma satu buah) kemudian di potong
  • Pisang Batu 2 buah
  • Kerupul Udang 50 gram di Goreng
  •  Kerupuk Melinjo 50 gram di goreng
  • Gula Merah Sisir 1 Sendok Teh
  • Garam Secukupnya
  • Air Asam Secukupnya
  • Petis Udang 50 gram
  • Air Secukupnya
Bahan - Bahan Soto
  • Daging Sapi 250 gram
  • Jeroan Sapi (usus, paru, babat) 250 gram di rebus buang airnya
  • air secukupnya
  • Seledri 2 batang iris tipis
  • Bawang perai 2 batang di iris tipis
  • Bawang gorens secukupnya
  • Minyak goreng 2 sendok makan
  • Lengkuas 2 cm memarkan
  • Daun Jeruk 5 lembar
  • Serai 2 tangkai di memarkan
      Bumbu dihaluskan
  • Bawang Merah 7 butir
  • Bawang putih 5 siung
  • Kunit 2 cm
  • Jahe 2 cm
  • Kemiri 4 butir
  • Merica 4butir
Langkah - Langkah Membuat Rujak Soto Banyuwangi 
  • Bumbu Rujak, Hakuskan kacang tanah, pisang batu, gula merah air asam, garam dan petis, Tuang air secukupnya, aduk rata sisihkan.
  • Rebus air dan daging hingga mendidih daging sampai lunak, angkat daging dan potong sesuai selera
  • Panaskan minyak, Tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas dan serai hingga harum. masukkan bawang perai, di aduk rata
  • Masukkan Jeroan dan daging kedalam bumbu tumis, masak hingga bumbu meresap.
  • Tuamg air rebusan daging, masak hingga mendidih dan bumbu meresap, kemudian kecilkan api
  • Atur semua bahan rujak diatas piring saji
  • Tambahkan bumbu rujak secukupya
  • Tambahkan daun seledri dan bawang goreng, Tuang soto secukupnya. 
  • Sajikan dengan kerupuk udang dan melinjo 
langkah - langkah diatas bisa disesuaikan dengan selera anda tidak meski bahannya sekian dan sekian tidak perlu di timbang juga, kalo ada timbangan di rumah anda ya gak apa - apa sih, bahan - bahan di atas mungkin cukup untuk dua sampai tiga porsi ya,, jadi bisa di tambah bahannya dan bumbunya, selamt mencoba  Riwayat Kuliner  akan selalu update resep atau cara membuat masakan Tradisional tetunya dengan mudah dipahami dan lezat di cicipi.


Selamat mencoba...

0 Response to "Resep Rujak Soto Khas Banyuwangi Jawa Timur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel