25 Maknan Khas Jawa Timur, Yang Belum Pernah Kamu Coba

1. Pecel Lele Santan


Pecel biasanya orang akan menebak sayuran yang dicampur dengan bumbu kacang yang di campur dengan sayur kangkung dan lainnya, namun sajian yang satu ini lain dari pecel yang anda banyangkan, memiliki kuah santann yang sedap dengan rempah - rempah yang lengkap.

Untuk jenis pecel lele goreng kering ini harganya yang murah dan sajinanya yang cepat membuat orang memburu makan ini,  namanya pecel lele tapi mempunyai kuah santan didaerah lain biasa disebut dengan istilah  "Pecel Lele Mangut".

Pecel lele merupakan menu masakan yang sudah sangat terkenal dibagian daerah indonesia, dan pada khusunya kota lomongan  jawa timur. pecel ini memiliki citra rasa yang khas gurih dan enak dan makanan ini bisa dibilang cukup relatuf murah,

Dalam penyajian pecel lelenya tambahan bahan pelengkap seperti daun kemangi, mentimun, kol, dll.  bagi anda pecinta kuliner yang sering makan dilesehan pecel, makanan ini bisa anda jadikan menu kuliner wajib anda karena rasanya yang enak dan harga pun dapat kita jangkau,

Baca Juga : Resep Tempe Orek Basah - Kelik disini

2. Lendre


Bojonegoro  salah satu kabupaten jawa timur yang terkenal dengan produk buatannya sendiri, makanan khas Bojonegoro ini sudah terkenal dimana - mana dan yang buat kue  lender pun banyak dengan bnetuk yang hampir sama. namun tidak akan menghilangkan citra rasa yang terkandung dalam jajan Bojonegoro ini.

Jajanan ini sudah banyak di temukan dimana - mana dan di jual di pasaran dan kios - kios terdekat, dari bentuk yang sederhana dan olahan yang sederhana tapi memiliki citra rasa yang sedap dan gurih, cocok dijadikan oleh - oleh jika  hendak berunjung ke kota tersebut.

Makanan Khas Bojonegoro berupa kue ringan ini berbentuk gulungan seperti kue stick roll, asor atau kue semprong, pada makanan  ini yang menyenangkan adalah rasa dari pisangnya, da yang terbuat dari gula, tepung. Makanan Berupa Kue ringan ini berbentuk gulungan seperti kue panjang, panjang lendre sekitar 1,5 cm atau lebih kecil ukurannya dari kue semprong.

Baca Juga : Resep Membuat Nasi Goreng Enak - Kelik disini

3. Sambal Wader


Sambal Wader adalah salah satu hidangan khas Mojokerto, Jawa Timur. yang terkenal dengan masa kerajaan majapahit, Ikan Wader adalah Ikan Kecil   namalain disebut ikan bilis, dijawa  terdapat 2 jenis Ikan Wader yaitu Wader Pari dan Wader Bintik, Ikan Wader ini sangat mudah ditemukan di rawa - rawa  maupun di sungai yang airnya jernih.

Pada Daerah rawa Ikan Wader banyak ditemukan di pinggir sungai terdapat aneka tumbuhan air, untuk mendapatkan ikan ini jika memancing cukup pakai lumut sawah yang telah diolah terlebih dahulu dengan air dicampur sedikit garam .

Baca Juga : Resep Kerang- Kelik disini

4. Brem


Brem adalah makanan yang berasal dari seri ketan yang dimasak dan dikeringkan, brem merupakan hasil dari fermentasi keitan hitam yang di ambil sarinya saja yang kemudian diendapkan dalam waktu sekitar sehari semalam.

Makanan ini sangat unik, yang menjadi ciri khas makanan ini adalah teksturnya yang padat dan kering namun terasa mudah hancur dimulut saat kita mengunyahnya, selain itu rasa masnis dan rasa asam yang khas  tentu memberikan citra rasa tersendiri pada makanan satu ini.

Baca Juga :Cara Membuat Sphagetti - Kelik disini

5. Menjes Malang


Menjes adalah makanan berbahan dasar kedelai yang lazim ditemukan dijawa timur, didaerah malang. ada dua jenis menjes yaitu menjes bertekstur halus, yang disebut menjes gombal. dan dikatan sama dengan tempe gambus yang ditemukan di jawa tengah dan yogyakarta.

Menjes terbuat dari ampas tahu dan ampas tempe yang difermentasi lalu dipadatkan hingga berbentuk berupa tempe pada umumnya,  Menjes biannya digoreng tepung dan dimakan bersama cabai rawit, Teksturnya kasar, namun adapula dalam proses pembuatnnya menggunakan campuran kacang dan kedelai serat singkong serta bungkil delelai.

Menjes ini selain nikmat dipercaya mampu meredakan diare, olahan serupa tempe ini  juga bisa berfungsi sebagai pelembab kulit dalam keadaan mentah, caranya dengan dihaluskan dan dibalurkan kepermukaan kulit.

Baca Juga :Cara Membuat Mie Setan - Kelik disini

6. Githuk Pisang


Makanan Khas kediri yaitu Gethuk Pisang sudah terkenal hampir disemua pusat oleh - oleh gethuk pisang di kota kediri, Apabila wisatawan berkunjung ke kota kediri ini rasanya tidak apdo; kalu tidak membawa pulang oleh-oleh gethuk pisang ini.

Bahan baku gethuk yang berupa pisang makanan ringan yang terbuat dari ketela pohon atau singkong, ubi talas, piang, gethuk merupakan makanan yang mudah ditemukan mulai daerah jawa tengah sampai dengan daerah jawa timur.

Gethuk Dikenal ada dua macam:
1. Gethuk, pada saat singkong yang sudah masakwaktu suhu masih panas ditaburi potongan kecil-kecil gula jawa sehingga berwarna coklat tidak merata tumbukan getuk ini rasanya kasar.
2. Getuk Lindri,  adalah dengan cara singkong dimasak digiling halus dengan gula pasir, dibubuhi pewarana makanan atau vanili dan setelah itu dicetak kecil-kecil memanjang.

Untuk penghidangan biasanya ditaburi dengan parutan buah kelapa sajian ini sekaligus bisa di kenalkan kepada sikecil pada pariasi camilan.

Baca Juga :Cara Membuat Kwetiaw- Kelik disini

7. Lontong Kupang


Lontong kupang adalah makanan tradisional terbuat dari bahan dasar kupang yang dimasak dengan cara khusus dan disajikan bersama dengan lontong, kupang sendiri merupakan hewan laut sejenis kerang yang memiliki bentuk sangat kecil dan memiliki warna tubuh berwarna coklat pucat, kupang ini biasanya di temukan di pinggir pantai atau lumpur air asin.

Lontong kupang ini biasanya disajikan pada saat hangat bersama dengan sate kerang  dan es kelapa muda selain enak dapat menetralkan rasa, dapat mencegah alergi bagi yang tidak cocok dengan makanan laut. Masayarakat mempercayai jika makan lontong kupang sambil minum air atau dengan es batu maka penyakit yang ada ditubuh akan sembuh.

 Kupang ini memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan tubuh manusia, diantranya memiliki kandungan zat besi untuk membentuk sel-sel darah merah, oleh karena itu bagi yang menderita penyakit apapun intu tidak salah kalau di caoba makanan ini, mudahan bisa sembuh.

8. Bebek Sinjay


Daerah madura memiliki makanan khas yang begitu populer  dan enak, dan banyak lagi kuliner yang terkenal lainnya, Bebek Sinjay merupakan panganan khasnya,  hidangan ini fenomenal setiap hari warung makan bebek sinjay yang terletak di Jawa Timur banyak di kunjungi pembeli. bisanya untuk bebek sinjay ini satu porsi dihargakan Rp. 17.500. Jika berkunjung ke Madura jangan sampai anda melewatkan wisata kuliner yang satu ini.

9. Sate Madura


Berbicara masalah kuliner di indonesia dari sabang sampai maraoke memiliki khas makanan yang berbeda dan unik dengan rasa yang sangat nikmat, saya sangat bersukur dilahirkan di indonesia ini karena memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa terutama kuliner ini menjadi salah satu kebanggaan kita akan kayanya orang indonesia mengenai citra rasa kuliner yang menakjubkan.

Sate tidak asing lagi didimata dan telinga orang indonesia setiap daerah di seluruh indonesia ini masing masing memiliki sajian sate dengan rasa yang berbeda, seperti sate padang, sate tegal, sate blora semuanaya memiliki kekhasan yang berbeda dan citra rasa yang yang unik, dan uniknya sate madura memiliki potongan daging yang ayam lebih kecil dibandingkan sate lainnya dan juga rasa saus kacng yang berbeda dengan lainnya.

Jika anda yang kebetulan pencinta sate nah mungkin anda tidak salah tuju sate madura adalah pilihan terbaik jika anda pencinta kuliner khsusnya sate, kenapa begitu karena sate madura saya yakini dengan citra rasa dengan bumbu yang yang lezat bisa mnghipnotis para pengunjung menjadi ketagihan ingin mencicipi kembali, jadi saya rekomendasikan sih sate yang ini tapi bebicara maslah sate di indonesia yang lainnya gak kalah juga,

Harga sate madura bisa dibilang setandar dan terjangkau saya rasa tidak akan mengoreskan isi dompet anda. adapun haraga dari sate madura ini yaitu:
  • Sate Ayam 1 Kodi (20 tusuk) : Rp. 20.000, (10 Tusuk ) + Nasi + Teh Botol : Rp. 17.000,
  • Sate Kambing 1  Kodi (20) : Rp. 24.000
Harganya cukup murah ya??, jadi misalkan kita bawa  uang Rp. 50.000 bisa dapat dua porsi bisa dong bareh pacar makan berdua he, tapi bawa air menum sendiri. 

10. Sego Tempong


Sego Tempong ini berasal dari banyuwangi, jawa timur. sego tempong ini berupa nasi yang bercampur dengan berbagai macam lauk pauk makanan khas banyuwangi yang tak kalah lezatnya, Sego Tepong ini bisa di bilang lalapan yang punya rasa sambal yang khas atau dicampur dengan sambal khusus banyuwangi. Menu makanan in terliha sederhana namun ngomong masalah rasa tak kalah dengan makanan lainya, yang bisa mengenyagkan sarapan, makan siang dan malam anda.
Jika anda hendak ke banyuwangi, Jawa Timur dengan alasan jalan - jalan dan sebagainya namun tak salah juga jika mencicipi masakan yang satu ini, menu masakan ini sudah banyak di sediakan di warung - warung yang ada khusunya dibanyuwangi sampai dengan rumah makan yang besar.

Asal mula dari Sego tempong ini adalah menururt cerita teman saya dulu biasanya orang banyuwangi, Jawa timur jika pergi kesawah, nasi  Tempong ini diberikan ke pada petani yang bekerja disawah, Kata tempong ini berarti  "tampar", ciri khas dari makanan ini adalah citra rasa sambalnya yang pedas dan nikmat, cocok dihidangkan pada saat makan pagi atau sarapan pagi, dan tidak kalah juga lauk pauknya yang berpariasi atau bermacam-macam dengan lauk pauk yang bervariasi memberikan Sego Tempong ini rasa yang bervariasi dengan kenik matan rasa yang bercampur adauk menjadi satu membuat jadi nikmat dan menambah selera makan lebih tinggi dan lahap.

Keistimewaan dari Sego Tempong ini adalah sambalnya, sambalnya ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan beda dari lainnya, seperti pepatah mengatakan "lain jaja lain grupuk lain bahasa lain gubuk" maksudnya beda daerah beda dialog bahasa kita, begitu juga dengan makanan banyuwangi dengan dengan lainnya pasti beda rasa khas makanannya, nah sambal dari banyuwangi ini terkenal enaknya karena racikan khas dari orag banyuwangi, sambal ini sebagai mahkota dari nasi Sego Tempong ini kenapa demikian karna tanpa ada sambalnya mungkin nasi Sego Tempong ini tidak berarti apa - apa. seperti pepatah bilang, ehh pepatah lagi ndak apa - apa ya??. Nasi Tempong ini jika tidak ada sambalnya yang khas ya?? kayak bagaikan taman yang tak berbunga gitu. hehe

Sekarang masalah harag dari sgo Tempong ini tentunya dari keadaannya yang sederhana namun memikat lidah begitu juga turut berduka dengan haraganya yang sederhana atau cukup relatip murah dan terjangkau bagi siapapun tidak adak yang terkecuali, nah dengan harga terjangkau tadi tergantung dari lauk pauk yang anda pilih, adapun lauk pauknya seperti Beregedel, tahu, tempe, ikan asin, dan lain-lain, masih banyak yang lainnya jadi biar tidak penasaran bisa langsung berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur.

11. Nasi Krawu


Nasi Krawu sangat terkenal dan povuler bagi Masyarakat Gresik Jawa Timur, Kenikmatan yang ada pada nasi krawu ini adalah lauknya yang lengkap sehingga bisa menggugah selera makann kita, menurut negerikuindonesia.com Nasi Krawuu adalah makanan tradisional yang terdiri dari nasi dan aneka menu pelengkap seperti daging suwir, sambal serta poyah atau serundeng yang terbuat dari parutang kelapa.

Nasi Krawu ini sebenarnya berasal dari Madura namun Maknan ini terkenal sebagai makanan khas orang kota Gresik, Jawa Timur, kenapa bisa begitu ya konon orang madura ini berdatang ke kota gresik untuk berjualan nasi ini nah dari itu makanan ini mulai banyak yang diminati oleh kalaang orang - orang gresik, dengan rasa Nasi Krawu yang sangat nikmat dan rasa sambal yang pedas mengguah selera makan ornang gresik saat itu dan sampai sekarang menu makanan ini dijadikan makanan Khas orang Gresik, Jawa Timur.

Nasi Krawu ini memiliki istilah juga lho, Nasi Krawu Berasal dari istilah "krawuk" dalam istilah gresiknya yaitu "Mengambil Sembarang dengan Menggunakan Tangan" kenapa dibilang demikian karena para penjual nasi krawu ini di warung - warung setempat disana biasanya dalam penyajian menu makanan ini menggunakan tangan dalam penyajiannya makanya  sering di sebut dengan Nasi Krawu atau Sego Krawu. anda ndak perlu takut ragu mannya karena pastinya tangan si penjual nasi krawunya pasti bersih kok tenang aja. he

Nasi Krawu ini memiliki kesistimewaan juga lho, keistimewaan dari nasi krawu ini terletak dari lauk pauknya yang terdiri dari daging suirnya, serundeng dan sambalnya yang amat-amat pedas bagi anda yang suka yang pedas - pedas, menu makanan ini menurut saya cocok sekali, mengenai daging suwir daging ini biasanya dimasak bersama jeroan sapi seperti babat sapi,  usus, hati. dan ada lagi untul serundengnya di sajikan dalam dua varian warna yaitu warna kuning dan warna merah.

Dalam Penyajian nasi krawu ini memiliki dua sajian ada yang disajikan menggunakan kuah dan ada yang disajikan kering atau tanpa kuah, uniknya dalam penyajian nasi krawu ini selain itu adalah menggunakan daun pisang, unik sekali ya seperti di masa kerajan gitu menggunakan daun pisang dapat menggugah selera makan kita juga lebih kelihatan seger. jadi anda yang kurang selera makannya coba dulu Nasi Krawu ini yang  mudahan bisa menggugah selera makan anda setelah mencicipi menu makanan ini.

Citra rasa dari Nasi Krawu ini ada tiga varian rasa yang menghatam lidah anda yaitu rasa gurih, pedas dan manis, jadi ada tiga varian rasa jika anda suka yang pedasa tentunya menu makanan ini cukp pedas juga, jika anda suka yang manis - manis tentu makanan ini ada yang manisnya juga, jika anda suka yang gurih - gurih menu makanan ini sangat gurih, mungkin di salah satu varian rasanya ini ada di anda.

Seperti yang saya bilang tadi Nasi Krawu ini Sangat Terkenal sekarang di gresik, Jawa Timur, Karena udah viral menu ini sudah mulai orang ingin tau bagaimana cara membuatnya dan bagaiman lokasi membalinya mengenai lokasi dimana supaya kita mendapatkkan menu ini jadi anda tidak perlu repot reopt lagi nanyak kesana kesini menu ini sudah banya di perdaggang jual bellikan di warung - warung kecil sampai dengan warung besar atau warung terkenal harga seporsi adalah Rp. 17.000 an, tinggal masuk warung kemudian pesen aja nasinya hehe, mau yang terlalu manis atau pedes.

12. Rujak Soto


Banyuwangi, Jawa Timur, Memiliki banyak sekali makanan khas Masyarakatnya, terkenal enak, dan nikmat tidak heran jika banyak wisatawan yang datang mengunjungi Jawa Timur dalam Wisata Kuliner dan lainnya, makanan khas yang lainnya diantaranya yang saya bahas pada kesempatan ini adalalah Rujak Soto  dari kedengaran namanya mungkin tidak asing lagi bagi anda ada rujaknya kemudian ada sotonya dari namanya saja saya penasaran juga gimana rasanya.

Keistimewaan dari Rujak soto ini adalah makanan tradisional yang dicampur dari dua buah masakan yaitu soto, Soto yang satunya tidak diberikan kuah dan Soto yang satunya lagi berkuah nah soto - soto ini di jadikan satu, satu rasa kenikmatan dan kelezatan menu masakan ini,

Rujak Soto ini perpaduan antara rujak cingur Surabaya dan Soto Jawa Timur, Uniknya Kedua Msakan ini di Campur Menjadi satu senhingga menjadikan citra rasa yang sangat lezat, setelah melelui proses atau pengolahan bahan dan sebagainya secara tradisional, Jika anda ingin mencicipi kuliner yang satu ini bisa anda berkunjung ke jawa timur atau Banyuwangi. 

Menu Masakan ini berbahana dasar dari berbagai macam sayuran seperti kangkung, Touge, yang di ulek bersama sambal kacang, gula merah dan petis, Petis ini akan menentukan enak atau tidaknya Rujak soto ini jadi Safe Soto Rujak ini memiliki keahlian dalam membuat Soto Rujak ini tentunya hasilnya akan menjadi enak seperti yang kita harapkan dan hayalkan he.

Rujak Soto ini menurut saya beda banget dengan Soto yang lainnya dari aroma kuahnya saja sangat beda karena soto ini ada dua masakan yang di campur menjadi satu sehingga menghasilkan rasa yang unik dan beda pokoknya ndak kalah dengan yang lainnaya deh. he

13. Lodho Ayam


Kali ini Riwayat Kuliner akan membahas  ayam yang super enak namanya ayam Lodho Ayam Makanan ini sangat terkenal enak dan lezatnya yand dicampur dengan kuah santan yang super sedap makanan satu ini adalah  salah satu makanan Tradisional khas Jawa Timur.

Memang ayam jika di olah sangat banyak sekali kita hasilkan menu makanan dengan ayam ini, namun yang satu ini pengolahannya berbeda denngan yang lainnya seperti ayam taliwang yang ada di Nusatenggara barat namun ayam ini memiliki kuah yang super enak dan lezat cocok untuk wisatawan yang menggemari masakan ayam.

Lodho Ayam  Ini berbahan dasar ayam yang berasal dari Jawa Timur yang memiliki kuah putih namun sangat pedas raa kuahnya , ayam yang dipakai ialah ayam kampung sehingga memiliki rasa yang sangat lezat dan enak. kuahnya ini menggunakan santan kelapa namun tidak terlalu kental dan juga biasanya di sajikan menggunakan urap sayur sebagai bahan makanan campurannya.

Daging ayam ini dimasak sampai dengan tekstur dagingnya empuk atau lunak dan cenderung hancur  Lodho Ayam atau Ayam Lodho ini sangat sedikit sulit di buat namun menemukan bahannya untuk membuatnya sangat mudah didapatkan.

14. Nasi Tumpeng


Nasi Tumpeng adalah  Nasi yang dihiasi dengan lauk pauk berbentuk kerucut, Masayarakat jawa menggunakan nasi kuning ini biasanya dalam perayaan hari - hari penting dan di sajikan di atas tampah ( wadah bundar tradisional  dari anyaman bambu ) dan dihiasi daun pisang, Pada masyarakat Bali, Jawa dan madura  tumpeng di gunakan untuk mengingatkan peristiwa penting tunpeng ini berasal dari tradisi purba Masyarakat pada yang  khusunya memulikan gunung sebagai tempat bersemayam para hyang atau arwah leluhur (nenek moyang).

Dalam keduri, syukuran atau selametan selesai zikiran dan setelah memanjatkan Doa nasi tumpeng ini diberikan kepada yang sangat di hormati di masyarakatnya atau orang tua, dan juga orang orang hadir dalam acara tersebut di bagikan untuk dimakan bersama. dengan menyajikan nasi tumpeng masyarakat menunjukkan rasa syukur kepada tuhan sekaligus merayakan kebersamaan dan kerukunan bersama masyarakatnya.

Nasi Tumpeng Sudah ada jauh sebelumnya masukknay islam ke pulau jawa, tradisi tumpeng pada perkembangannya diadopsi dan dikaitkan dengan filosofi islam jawa dan dianggap sebagai pesan leluhur  mengenai permohonan terhadap tuhan yang maha kuasa.

Menurut tradisi islam jawa  "Tumpeng " merupakan akronim dalam bahasa jawa, yen mentu kudu sing mempeng (bila keluar harus dengan bersunguh-sungguh), dan adapun lauk puknya tumpeng jumlahnya 7 macam, angka tujuh dalam bahasa jawa pitu maksudnya pitulungan (pertolongan).

15. Bakso Malang


Kali ini Riwayat Kuliner akan berbagi makanan Khas Malang, Jawa Timur yang sangat populer dimana-mana siapa yang tidak kenal makanan yang satu ini namanya Bakso Malang dari namanya saja sudah menunjukkan keberadaanya, Bakso ini sangat terkenal enaknnya dan kelezatann kuahnya yang di campur dengan mie kuningnya kuahnya ini memiliki citra rasa yang berbeda dari lainnya dengan Bakso bulat yang dicampuri dengan dagging yang prosesnya begitu baik sehingga menghasilkan rasa yang nikmat.

Bakso  tidak asing lagi bagi masyarakt indonesia pada umumya dimana - mana di negara indonesia ini banyak sekali yang menggemari yang namanya bakso ini, bakso malang ini sayang terkenal didaerah laimnjuga banyak ditemukan seperti bakso, Solo, Bakso Wonogiri, Bakso Banyuwangi, dan masih banyak lagi bakso khas malang lainnya.

Bakso malang ini termasuk lengkap dengan berbagai hidangan didalam kuahnya seperti mie kuning, tahu goreng dan tahu kukus atau tahu rebus, ada juga pangsit goreng atau pangsit rebus dan pangsit kukus. bakso malang ini termasuk banyak penggemarnya juga di berbagai daerah jawa dan juga wistawan tidak lupa mencoba  bakso ini jika mereka hendak berkunjung ke malang, jawa timur.

Bakso ini sangat mudah di temukan karena di sepanjang jalan kota malang banyak yang menjual bakso khas malang ini, jadi anda tidak perlu susah mencarinya dan juga banyak pedaggangnya dari pedaggang kali lima sampai dengan khusus warung Bakso malang.

Biasanya bakso ini disajikan dalam kuah yang di olah secara menarik dengan rasa kuah yang nikmat dan lezat bila di cicipi, harum rempah - rempah yang muncul pada kuah bakso ini membuat kita ingin nambah terus hehe. dimalan di tempat atau di bungkus bisa juga jadi sangat peraktis sekali.

16. Pecel Semangi
17. Tahu Tek
18. Gado - Gado
19. Lontong Balap
20. Rujak Cingur
21. Rawon
22. Soto Lamongan
23. Wingko Babat
24. Nasi Tempong
25. Swir - Swir

0 Response to "25 Maknan Khas Jawa Timur, Yang Belum Pernah Kamu Coba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel