8 Makanan Khas Orang Bali yang belum Pernah Kamu coba

Balayag Raja


Makanan khas yang satu ini adalah balayag raja, mkanan yang satu ini adalah makanan khas bali teptnya di buleleng  memang kuliner ini agak sulit ditemukan dibali. Balayag adalah ketupat aliaslontong yang dibungkus dengan janur, dipakainya janur sebagai pembungkusnya karena memang kondisi biografi bali utara yang kering dan berpantai menyebabkan pohon kelapa mendominasi, Balayag rasanya sangat Khas serta tidak terlalu lembek .


Balayag kuah adalah salah satu olahan balayag yang paling banyak digemari sehingga menyebar keseluruh bali, balayag di sajikan dengan telor, ayam suir, toge/lawar, sambal kemudian di siram dengan kuah bersantan mirip sama kuah kare dan ditaburi dengan kedelai goreng, rasanya benar-benar bervaiasi mulai dari sedikit gurih, sedikit manis dan pedas.

Baca Juga: Resep Mie Setan Kelik disini

Rujak Rumput Laut


Rujak ini berbeda dengan rujak lainnya karena terbuat dari rumput laut, rujak ini sangat dinikmati karena mengandung banyak serat yang sangat baik untuk kesehatan baik ntuk pencernaan, selain kaya akan serat rumput laut juga dapat membantu mendetoks tubuh dengan kandungan klorofilnya yang tinggi, untuk memasak masakan tradisional ini kita membutuhkan yang namanya Bulung Boni . Boni adalah sejennis rumput laut yang bisa digunakan untu membuat menu rujak ini, rujak ini ditambah parutan kelapa yang sudah dibakar terlebih dahulu diberi parutan lengkuas dan bumbu yang sudah diulek.

Baca Juga: Resep Kwetiaw  Kelik disini

Nasi Sela (UBI)



Makanan Khas Bali ini adalah nasi sela atau nasi ubi jalar, masakan ini sangat terkenal di pedesaan yang ada di bali namun kini tidak hanya masyarakat pedesaan yang  menyukai sela, bahkan masyarakat kota juga menyukai ini. campuran antara nasi dan sela bisa memberikan cita rasa khas selain juga kaya manfaat bagi kesehatan.

Dengan metode pengolahan yang lebih modrn dan maju bisa menyajikan nasi sela dalam rasa yang lebih enak, nasi sela banyak disugguhkan dalam nasi bungkus, sai jingo maupun direstoran-restoran bali. Masayarakat bali biasanya sangat suka mengkonsumsi masakan yang  satu ini awal mulanya masakan ini dari pedesaan, karena rasanya yang enak banyak yang suka nasi sela ini, sampai sekarang restoran yang ada di bali banyak yang menjadikan masakan ini menjadi menu makanan. 

Baca Juga: Resep Martabak Manis Mini  Kelik disini

 Komoh



Komoh merupakan makanan sejenis sup berkuah yang ditambah dengan berbagai dangging baik itu dagging ayam, dagging itik, dagging entong, dagging penyu, dan dagging babi. dengan citra rasa yang nikmat karna bumbu-bumbu yang diracik dengan pas, membuat komoh menjadi salah satu kuliner yang wajib kamu coba ketika datang ke bali. Komoh disajikan dalam mangkok kecil  dan cara mengkunsumsinya bisa langsung mangkok  didekatkan ke mulut atau dihirup bisa juga menggunakan sendok makan.

Kalau melihat dari bentuknya cair dan berwarna merah, maka kmoh adalah simbolisasi darah, sesuai dengan tradisi bahairawa yang berkembang di tanah bali seperti yang terdapat didalam petung  bahairawa di pura kebo edan, dimana patung tersebut membawa mangkuk darah ini artinya bahwa praktek menggunakan darah sangatlah lekat dalam ritual bahairawa kuno. Dengan minum darah persembahan kepada bahairawa, untuk mendapatkan anugrah kekuatan darii dewa pujaan penganut bahairawa yakni Dewi Sakti atau dewi Durga.
Peraktek ini masih berkembang hingga sekarang namun dalam bentuk olahan yaitu berupa Komoh.


Baca Juga :



Lontong Jukut Serapah


Makan khas bali yang ini adalah lontong jukut serapah, ontong yang satu ini menjadi salah satu kuliner bali favorit yang tidak boleh anda lewatkan kalau berlibur ke bali, berbeda dari lontong pada umumnya lontong jakut serapah memiliki bentuk segitiga dan berukuran lebih besar.

Sarapah adalah makanan khas bali yang hanya ada di daerah jembrana bali barat , jukut itu bahasa bali yang artunya sayur, makanan ini namanya jukut serapah kata serapah sendiri yaitu lontong yang berbentuk segitiga besar. Kemudian dipotong kecil-kecil dan diberi kuah kuning yang dibuat menggunkan kunyit dan irisan cabai sebagai penggugah rasa agar semakin sedap.

Bahan dasar kuah lontong serapah ini menggunakan telengis, telengis sendiri menjadi bumbu menghasilkan rasa sangat mewah, wisatawan manca negara pun sangat menggemari masakan yang satu ini.


Telengis adalah hasil dari proses pengolahan minyak kelapa tradisional di bali. Setelah proses pemisahan minyak dan air dari rebusan santan kelapa, di bali memilih daun pisang untuk membungkus lontong atau makanan apapun biasanya dipilih dari jenis pisang tertentu hal ini agar mendapat rasa yang unik dan juga mempengaruhi tekstur makanan yang dibungkus menggunakan daun pisang, makanan ini disajikan pada saat galungan dan kuningan.

Baca Juga: Resep Delai Nanas Kelik disini


Nasi Tepeng


Nasi tepeng merupakan makanan khas bali yang ada di daerah gianyar bali, makanan tradisional ini memiliki rasa yang khas dan memiliki rasa yang unik dan sedap membuat orang ketagihan mila sudah menyantap menu makan yang satu ini, Nasi tepeng  tepeng ini memiliki rempah rempah yang cukup lengkap dalam pembuatannya yaitu sayur –sayuran seperti terong, kacang merah, kacang panjang, daun kelor nagka muda dan daun kelapa parut sehingga membuat nasi tepeng semaikin sedap.

Biasanya nasi tepeng dibungkus menggunkan daun pisang segar supaya citra rasa dari makan tersebut tetap nikmat dan menambah kesan alami dan bisa menambah selera makan kita smakin banyak, nasi tpeng khas gianyar bali ini menjadi pilihan masyarakat gianyar  ketika sarpan pada pagi hari,
Nasi tepeng memiliki tekstur yang lembek namun hal yang cukup unik di jumpai pada kuliner ini adalah rasanya yang terbilang cukup pedas dan nasi ini juga didalamnya memiliki berbagai bumbu khas bali yang membuatnya punya citra rasa yang berbeda dengan yang lainnya.

Harga nasi tepeng

Menu tradisional ini tidak susah didapatkan di daerah bali kususnya di pasa senggol Gianyar pada pagi hari harganya tidak terlalu mahal hanya Rp. 10.000 an anda sudah menikmati nasi tepeng ini dengan porsi yang cukup mengenyankan prut kamu, 


Baca Juga :



Serombotan


Serombotan merupakan masakan khas Bali yang mirip dengan urap kalo orang lombok dan jawa, kalau orang Bali menyebutnya dengan Serombotan, serombotan sendiri dibuat dengan berbagai campuran sayuran, sayuran yang digunakan yaitu Buncis, Kankung, Kacang Panjang, Terong, Toge, dan Pare. Yang berbeda adalah bumbunya seperti Santan yang dicampur dengan Kunyit  tumbuk, Bawang Merah, Lengkuas, Bawang Putih, Kencur Ketumbar.

Sebagian Masyarakat lokal bila mendengar masakan Serombotan pikirannya banyak orang pasti akan tertuju pada Kota Klungkung, karena kuliner sayur Seromboan salah satu ciri khas kuliner Kabupaten Kelungkung .

Serombotan di sajikan dengan bebrapa jenis Kacang seperti Kacang Merah, Kacang Ijo, Kacang Tanah, dan kacang hitam sehingga  orang menyebutnya dengan Serombotan kacang. tergantung daru rempah-rempah dan sayur yang di gunakan.

Harga Serombotan
Satu porsi masakan tradisional Serombotan Kelungkung dijual dengan harga Rp. 5000/Porsi, anda juga bisa langsung makan di tempat penualnya atau mau di bungkus dengan selembar daun Pisang. Serombotan kelungkung ini banyak di gemari oleh wisata khas bali,

Tempat Membeli sayur serombotan

Kota Kelungkung berada di pulau Bali bagian Timur, Jika anda berangkat dari tempat wisata kuta menuju kota kelungkung maka waktu tempuh sekitar 1 sampai 30 menit,  di kota kelungkung danggang serombotan dapat temukan di pasar senggol sebelah timur kota bupati klungkung. Pasar senggol ini dibuka mulai dari jam 3:00 sore hingga jam 22:00. 


Tum Ayam



Tum ini sejenis pepes yang terbuat dari campuran dagging ayam bumbu dan santang campuran dari bahan tersebut dibungkus, Tum Juga bisa disajikan bersama dagging bebek dan lainnya. Pulau bali terkenal dengan makanan khasnya, selain babi guling, lawar menjadi makanan primadona untuk wisata kuliner bali juga terkenal dengan tum ayamnya, sesuai dengan namanya makanan ini menjadikan dagging ayan sebagian bahan dasar dalam pembuatannya Cara masak makann ini yaitu dikukus,Kata tum ini memiliki arti dibungkus menggunakan daun yang dipakai daun pisang, 

Baca Juga :
Resep Sup Patin Kuah Merah - Kuliner
Resep Kue Zebra Pelangi Anti Gagal
Cara Membuat Sambel Pecel
Sate Kerang Pedas Manis
Resep Terong Goreng Tepung Crispy


0 Response to "8 Makanan Khas Orang Bali yang belum Pernah Kamu coba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel